Data Link Layer pada OSI Layer

A. Apa itu Data Link Layer?

Data link layer adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit mentah agar dapat diproses oleh lapisan fisik.

Lapisan ini merupakan lapisan yang akan melakukan transmisi data antara perangkat-perangkat jaringan yang saling berdekatan di dalam sebuah wide area network (WAN), atau antara node di dalam sebuah segmen local area network (LAN) yang sama. Lapisan ini bertanggungjawab dalam membuat frame, flow control, koreksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang dianggap gagal. MAC address juga diimplementasikan di dalam lapisan ini. Selain itu, beberapa perangkat seperti Network Interface Card (NIC), switch layer 2 serta bridge jaringan juga beroperasi di sini.


B. Fungsi Data Link Layer

1. Melakukan proses grouping secara logic

2. Menyediakan akses ke dalam media menggunakan MAC Address

3.Mendeteksi kesalahan pengiriman dan penerimaan paket data dan melakukan proses pengkoreksian

4. Menggabungkan paket data ke dalam byte, dan menggabungkan byte ke dalam frame


C. Hardware yang Digunakan oleh Data Link Layer

Salah satu contoh perangkat keras komputer yang bekerja dengan menggunakan data link layer ini adalah NIC atau "Network Interface Card". NIC atau yang juga sering dikenal dengan kartu jaringan ataupun LAN Card merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang bekerja dengan bantuan data link layer. Fungsi LAN sendiri merupakan suatu perangkat untuk komputer dapat terhubung ke internet, maka itu membantu data link layer agar terkoneksi jaringan.


Selain NIC, perangkat keras jaringan komputer lainnya yang juga bekerja bersamaan dengan fungsi dari data link layer adalah bridge. Bridge merupakan perangkat keras jaringan komputer yang memiliki fungsi sama seperti fungsi dari data link layer itu sendiri. Fungsi bridge itu sendiri adalah melakukan proses pemecahan jaringan, dan juga menggabungkan jaringan yang sudah ada menjadi satu kesatuan jaringan yang utuh. Karena memiliki fungsi yang sama seperti data link layer, maka dari itu, bridge merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk mendukung fungsi dari data link layer.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »